KAWASAN ATEM TECHNOPARK JL. KOLONEL WARSITO SUGIARTO KM. 2,5 SADENG, GUNUNGPATI - SEMARANG

KURIKULUM

PENYELENGGARAAN PROGRAM STUDI

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual  keagamaan,  pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Dalam penyelenggaraan pendidikannya,  STIKES Semarang sebagai perguruan tinggi harus dapat menjamin tercapainya tujuan pendidikan tinggi yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, menjamin agar pembelajaran pada program studi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi R.I Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

  • Visi, Misi Program Studi
    • Visi

                   Menjadi program studi yang menghasilkan elektromedis yang profesional dibidang alat kesehatan          manufactur, uji produkdan kalibrasi peralatan kesehatan diakui secara internasional pada tahun 2037.

                  •   Misi

    1. menyelenggarakan pendidikan D3 yang menghasilkan tenaga elektromedis yang kompeten dibidang peralatan kesehatan dan mampu melaksanakan peran dan fungsi sebagai teknisi profesional dan berbudi pekerti
    2. mengembangkan IPTEK dibidang alat kesehatan manufaktur, uji produk dan kalibrasi peralatan
    3. menyelenggarakan penelitian inovasi terapan di bidang peralatan teknologi kesehatan serta turut memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakat.
    4. mengembangkan jejaring dalam rangka meningkatkan komptensi SDM dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing ditingkat nasional maupun

 

  • Tujuan Program Studi

Untuk menghasilkan manusia bersumber daya terampil dengan kualifikasi Diploma-3 Teknik Elektromedik, ATEM Semarang menerapkan pendidikannya dengan metode production based learning dan problem based learning, dimana mahasiswa dihadapkan pada situasi kerja sehingga mendapatkan keterampilan teknik juga non teknik yang sangat penting untuk keberhasilan proses pembelajarannya, sesuai dengan tujuan program studi yaitu:

  • Menghasilkan lulusan ahli madya teknik elekromedik yang  kompeten dalam bidang teknologi alat kesehatan .
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan kewirausahaan, untuk menciptakan lapangan kerja dalam bidang industri alatan kesehatan dan pelayanan
  • Menghasilkan lulusan yang berperan aktif dalam disiplin keilmuannya yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi alat dan layanan .
  • Menghasilkan karya ilmiah, karya inovatif yang tepat guna dalam bidang rekayasa teknologi alat
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi alat kesehatan dalam rangka memajukan pembangunan kesehatan masyarakat

 

    •  Profil Lulusan

  • Sebagai pelaksana layanan elektromedis bekerja dalam mengoperasikan                           perangkat/peralatan elektromedis serta merawat dan memperbaiki tools/perangkat/peralatan yang digunakan pada tatanan unit pelayanan kesehatan.
  • Sebagai pengelola layanan elektromedis dalam mengoperasikan perangkat/ peralatan elektromedis serta merawat dan memperbaiki tools /perangkat/ peralatan yang digunakan pada tatanan unit pelayanan
  • Sebagai pelatih/trainer di industri alat kesehatan atau di tatanan unit pelayanan kesehatan lainnya, membantu penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik elektromedik untuk kepentingan pengembangan ilm pengetahuan dan teknologi peralatan
  • Dapat melaksanakan uji fungsi, dan pengukuran alat kesehatan, melalui pengawasan fungsi dan kinerja sistem/isntalasi peralatan elektromedis, serta keselamatan kerja peralatan
  • Dapat bekerjasama dengan tim kesehatan lainnya yang terlibat dalam memberikan pelayanan kesehatan, baik sebagai pimpinan atau anggota dan mampu berinteraksi dalam lingkungan tim tersebut atau mengadakan interaksi antara tim dengan  tim atau kelompok lainnya serta dapat bertindak secara bertanggungjawab dan dengan etika yang
  • Studi lanjut pada jalur profesional, jalur akademik maupun studi khusus lainnya baik di dalam negeri maupun luar negeri guna meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan yang berkaitan dengan profesinya .
  • Memiliki wawasan kewirausahaan, dimana dengan keterampilan dan pengetahuan serta sikap yang dibekalkan, suatu saat  diharapkan  mampu melakukan usaha

 

  •  Standar Kompetensi Lulusan

  • Kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggungjawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu.
  • Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran
  • Capaian pembelajaran (learning outcomes) adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, ketrampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman
  • Capaian pembelajaran meliputi 4 (empat) aspek yaitu Sikap dan Tata Nilai, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus dan Penguasaan Pengetahuan.